Konflik

Inilah hasil perang SIAK-NG tadi, 13 Agustus 2010, jam 15.oo W.I.B.

Dan ternyata ada jadwal yang konflik 😦

Kalo misalnya nggak ada yang berubah jadwalnya ya mau nggak mau kudu berkorban.

*lalalalala…*

Konflik

Maaf-memaafkan

Ramadhan telah tiba, sebelumnya aku minta maaf atas semua kesalahanku baik yang disengaja ataupun tidak, Met puasa!!

Semoga Ramadhan kali ini lebih berkah dari tahun-tahun sebelumnya, mohon maaf atas segala kekhilafan yang telah aku lakukan.

Marhaban ya Ramadhan, mohon maaf atas semua kata dan perbuatan selama ini, selamat menunaikan ibadah puasa, semoga kita bisa menunaikannya dengan lancar.

Itulah sebagaian dari isi sms, pesan, email, wall atau apapun yang sering kita lihat setidaknya selama akhir bulan Sya’ban sampai awal bulan Ramadhan.

Setidaknya 2 tahun sekali kita (umat islam khususnya) mendapat sms yang isinya kira-kira meminta maaf untuk semua kesalahan, selain di awal Ramadhan, nanti akhir Ramadhan dan awal bulan Syawal pun banyak pesan yang isinya seperti ini.

Disini sih saya nggak akan bahas hukumnya secara Islam ato gimana, cuman mau menyampaikan uneg-uneg yang terpendam saja *halah*

Toh dulu banyak yang bilang kalo maaf-maafan bukan cuman pas Idul Fitri aja, sekarang sewaktu waktu awal Ramadhan pun juga ada yang bilang kalo maaf-maafan bukan cuman pas puasaan aja.

Saya sih sependapat kalau saling maaf-memaafkan nggak terikat dengan ruang dan waktu.

Tapi saya pun salut juga dengan mereka yang mau setidaknya mengingat kalau mereka punya kesalahan dan menyempatkan diri untuk meminta maaf walaupun toh hanya saat Idul Fitri atau awal puasa saja.

Yang paling saya tidak setuju adalah mereka yang sebenarnya pastinya punya banyak kesalahan kepada orang lain tetapi toh tidak mau meluangkan waktunya untuk meminta maaf kepada yang bersangkutan, tambah pula mereka berkata kalau minta maaf nggak harus saat Idul Fitri atau awal puasaan saja.

*jrengjrengjreng* *mencobategas* xD

Maaf-memaafkan

Twitter-bot, iseng-iseng ah xD

Pernah nggak pas kalian nulis di Twitter trus ada orang yang nggak dikenal nge-Retweet tweet kalian? Bukan sekedar RT biasa, tetapi lebih seperti RT yang pintar, seperti RT otomatis yang dikendaliin bot? Saya sih pernah, coba aja di post di twitter trus masukin salah satu kata “eaaa”, “asu”, atau coba mention @tiesto, kalau kalian beruntung (?) nanti akan ada id yang namanya “Kingdom of eaaa”, “Kingdom of asu”, sama “RT Tiesto” yang secara ajaib nge-RT tweet kalian atau coba post tweet apapun yang mention @tiesto di dalamnya, setidaknya saya udah pernah nemuin beberapa twitter bot seperti diatas, toh saya yakin masih banyak twitter bot yang ada disana.

Ah iya, sebelum lanjut, kita perlu tahu dulu sedikit definisi dari fitur yang akan kita gunakan.

Cron : A daemon for UNIX and UNIX−compatible operating systems which executes commands and processes at arbitrary times specified by a user or application. From Redhat−9−Glossary http://www.tldp.org/LDP/Linux−Dictionary/html/index.html

Yup, disini kita gunakan fitur cron, fitur simpel yang ada di hampir semua UNIX-compatible system.

Salah satu fitur lain yang kita gunakan adalah fitur dari Twitter, dalam Twitter kita dengan mudah melakukan pencarian dengan keyword tertentu, pencarian ini dilakukan secara real-time dan hasilnya ditampilkan langsung ke user, kita juga dapat melakukan pencarian dan meminta hasilnya dalam format XML, yang nantinya bisa kita gunakan dalam program yang kita buat.

Oh iya! script yang kita buat ini pake bahasa PHP, jadi butuh webhosting yang support PHP tentunya.

Jadi total kita perlu account Twitter, dan webhosting yang support PHP dan cron.

Langsung lihat source-codenya yok 🙂

Continue reading “Twitter-bot, iseng-iseng ah xD”

Twitter-bot, iseng-iseng ah xD

Change of Curriculum, Change of Plan

Yak, ini adalah Trending Topic lokal dikalangan para akademisi Fasilkom UI (atau UI? nggak tau saya :p)

Hal ini dimulai dari postingan bu Siti Aminah di Scele Fasilkom yang isinya tentang perubahan kurikulum di Fasilkom terhitung untuk tahun 2010 ini.

Aww, saya buka linknya, liat-liat isinya, dan ternyata oh ternyata banyak perubahan di sana-sini.

Mulai dari MPKT yang sekarang jadi 12 sks (wow) tapi agama masih aja tetep 1 sks, entah sekuler ato gimana saya nggak tahu..hehe

DPBO udah nggak ada! tapi DDP jadi 6sks, beruntung (atau bersedih?) lah kalian para maba! karena angkatan 2009 dan sebelumnya merasakan asyiknya DDP + DPBO, 4 sks + 4 sks = 8 sks, dan sementara kalian hanya 6 sks. Continue reading “Change of Curriculum, Change of Plan”

Change of Curriculum, Change of Plan